Keluarga, Kesehatan

Cerdas Memilih Susu Pertumbuhan Anak

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun maka ibu perlu memberikan asupan gizi tambahan dari susu formula meskipun akan jauh lebih baik jika masih diberikan ASI. Pada usia 1 hingga 3 tahun, anak sedang giat-giatnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga dibutuhkan asupan gizi seimbang dari susu formula untuk membantu memperlancar proses tersebut.

Anda mungkin akan merasa bingung memilih susu formula yang paling pas karena ada banyak sekali pilihan yang bisa anda temukan. Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika anda akan memilih produk susu pertumbuhan anak yang terbaik :

Sesuaikan Usia Anak

Setiap produk susu yang ada di pasaran biasanya akan dikategorikan jenisnya berdasarkan kisaran usia anak. Kandungan dalam susu tentu sudah diformulasikan agar sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia tertentu. Jadi, pastikan anda memilih susu yang paling sesuai dengan usia anak anda.

Informasi Nilai Gizi

Perhatikan informasi nilai gizi yang terkandung dalam susu. Biasanya pada kemasan sudah tercantum informasi nilai gizi yang terkandung dalam susu. Salah satunya anda bisa melihat kandungan energi dalam susu. Kandungan energi yang disarankan adalah 60-80 kkal untuk 100 ml susu. Angka ini sesuai dengan kandungan energi pada ASI.

Sumber Protein

Setiap produk susu memiliki sumber protein yang berbeda. Anda bisa memastikan sumber protein yang terkandung dalam susu apakah dari susu sapi atau kedelai. Sesuaikan sumber protein ini dengan kondisi anak. Berikan susu dengan protein kedelai jika anak menderita alergi protein dari susu sapi.

Varian Rasa

Saat ini ada banyak jenis susu beredar dengan pilihan rasa yang bervariasi. Anda bisa bebas memilih rasa susu seperti apa yang bisa anda berikan kepada anak. Setiap anak tentu memiliki selera rasa masing-masing jadi pilihlah rasa yang memang paling sesuai dengan selera anak.